Metode

privat inggris persona study di bandung metode

Fakta Penting Tentang Belajar Bahasa Oleh Persona Study

Mayoritas dari pembelajar bahasa gagal dalam mencapai target kefasihan bahkan setelah bertahun-tahun belajar

– John F, L2Mastery

Anda tidak akan pernah bisa fasih dalam bahasa Inggris tanpa mendapatkan banyak input bahasa Inggris! Tanpa memahami aturan tata-bahasa sekalipun Anda sudah fasih dalam bahasa ibu Anda sebelum Anda memasuki sekolah. Hal demikian terjadi karena otak manusia secara alamiah menyerap bahasa ketika Anda cukup banyak terekspos terhadap bahasa tersebut.

– Steve Kauffman, TheLinguist

Tidak ada seseorang pun dalam sejarah manusia yang sukses menguasai suatu bahasa dengan proses belajar tradisional/Skill Building, selain terbukti metode tersebut tidak efektif tapi juga merupakan metode yang menyakitkan dalam prosesnya

– Prof. Stephen Krashen

Tentang Metode Alamiah VS Metode Tradisional

Metode yang kami terapkan adalah Metode Alamiah yang terbukti lebih unggul dan berhasil di lapangan daripada metode tradisional. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Krashen menunjukkan bahwa metode yang menggunakan prinsip Comprehensible Input tak terbantahkan mengungguli metode Skill Building yang dianut oleh metode tradisional/konvensional. Beliau adalah orang no.1 di dunia dan paling berpengaruh dalam pembelajaran/pemerolehan bahasa asing (Second/Foreign Language Acquisition) serta menjadi pionir di samping banyak mendapatkan penghargaan di bidangnya. Hingga sekarang beliau manjadi peneliti dan pembicara yang sangat dihormati dan disegani di seminar-seminar atau forum-forum pembelajaran bahasa Internasional.

Input Hypotheses StatisticSejak awal tahun 80’an atau akhir tahun 70’an ketika metode ini mulai diperkenalkan hingga saat sekarang Metode Alamiah tetap jauh lebih berhasil dari pada metode tradisional/konvensional. Setelah tiga dekade ini metode tradisional atau konvensional mulai ditinggalkan dan banyak dari para pengajar bahasa asing profesional di dunia sekarang secara konsisten menerapkan dan mengembangkan Metode Alamiah.

Metode yang kami terapkan adalah Metode Alamiah yang terbukti lebih unggul dan berhasil di lapangan daripada metode tradisional.

Walaupun metode tradisional/konvensional telah gagal, tentu saja tidak akan hilang di lapangan dalam waktu semalam atau singkat berhubung sudah mengakar secara kultural, institusional serta bernilai finansial yang sangat tinggi karena telah berusia ratusan tahun sejak tradisi penterjemahan kitab suci atau teks-teks filosofi.

Bagaimana Metode Alamiah Bekerja

Metode Alamiah sebenarnya adalah sebuah metode yang sederhana tapi mengikuti hukum alam bagaimana manusia menguasai suatu bahasa. Paradigma dasar dari metode ini adalah bahwa manusia tidaklah menguasai suatu bahasa dengan mempelajarinya (learning) dalam konteks belajar tradisional tapi dengan proses memperolehnya dari lingkungan sekitar (acquiring). Di samping itu menurut para pakar baik dari ahli linguistik, psikolog perkembangan hingga ahli syaraf otak berpendapat bahwa manusia mempunyai kemampuan bawaan yang luar biasa dalam menyerap suatu bahasa, bahasa apa pun itu. Noam Chomsky menggambarkan bahwa ada bagian di otak kita yang berfungsi

Language Acquisition, please!
Language Acquisition, please!

sebagai LAD (Language Acquisition Device) atau perangkat pemerolehan bahasa.  Walaupun kemampuan bahasa masih dianggap misteri bagi para ahli neurolog sekalipun tentang bagaimana proses berbahasa di dalam otak, tapi proses luar manusia menguasai bahasa dapat diamati dengan jelas dan dapat diteliti pola-polanya. Terlepas di manakah letak tepatnya LAD di otak kita, yang pasti manusia mempunyai bakat yang hebat tanpa mengenal intelegensi dan usia dalam menyerap bahasa serta hal tersebut bisa diamati di saat bayi lahir hingga dia mampu atau fasih berbahasa.

 Pengetahuan & Skill

Kesalahan besar dari metode tradisional adalah menganggap bahwa kemampuan berbahasa adalah pengetahuan atau diperlakukan sebagai subjek mata pelajaran. Pandangan tersebut akhirnya menghasilkan pendekatan, metode, teknik serta materi yang tidak tepat hingga proses tutorial antara guru dan siswa dalam membantu penguasaan suatu bahasa tidak efektif.

Kemampuan bahasa manusia bukanlah pengetahuan, melainkan keahlian atau skill. Pengetahuan didapat melalu proses belajar yaitu proses sadar (conscious), sedangkan skill diperoleh melalui proses bawah sadar (sub-conscious). Misalnya, kemampuan bermain musik adalah skill yang didapat melalui proses intensif latihan hingga kemampuan tersebut ‘acquired’ (diperoleh) dan skill tersebut menjadi akibat dari latihan tersebut/sebab. Anda tidak akan dapat mahir bermain musik, walaupun Anda menguasai segudang teori musik (pengetahuan). Sebagaimana juga kemampuan mengendarai mobil yang merupakan skill, dan Anda tidak dapat mahir mengendarai mobil hanya dengan mempunyai pengetahuan mengendarainya.

Knowledge is not skill!
Knowledge is not skill!

 Lalu, dalam konteks bahasa, kemampuan berbahasa adalah termasuk kemampuan yang bersifat skill seperti bermain musik, atletik, mengendari mobil, dll. Hal tersebut menjadi titik perbedaan yang signifikan dan krusial antara Metode Alamiah dan metode tradisional.

Oleh karena itu, tidak ada seorang pun menurut Prof. Krashen yang menguasai suatu bahasa dengan tidak mengikuti proses yang alamiah, terkecuali yang bersifat anomali/kasuistik. Apa yang terjadi sekarang adalah metode tradisional/konvensional justru tidaklah bersifat alamiah dan bertentangan dengan hukum alamiah manusia menguasai suatu bahasa. Itulah penyebab kenapa banyak pembelajar bahasa yang pergi ke tempat kursus yang menggunakan metode konvensional gagal sama sekali, atau setidaknya mereka tidak pernah fasih menguasai bahasa asing/kedua.

Metode Alamiah Yang Akhirnya Berhasil

Kenapa metode tradisional tidak bersifat alamiah? Pertama, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya metode tradisional berlandaskan pada pandangan bahwa bahasa itu adalah pengetahuan yang dapat dikuasai melalui proses belajar seperti mata pelajaran/mata kuliah di sekolah maupun universitas. Kedua, karena berlandaskan pada pandangan yang salah maka kemudian metode yang digunakan pun tidak efektif karena bertentangan dengan hukum alam.

Metode tradisional bersifat terbalik, yaitu mendahulukan akibat dari pada sebab. Metode tersebut ‘memaksa’ siswa untuk memproduksi bahasa (berbicara, menulis, dll) ketika mereka belum siap atau mempunyai input yang cukup. Mereka beranggapan bahwa setelah siswa mendapatkan penjelasan suatu pengetahuan/materi bahasa lalu mereka memahaminya maka siswa ‘tiba-tiba’ menjadi mahir menggunakan pengetahuan tersebut. Letak kesalahan fatal tersebut adalah suatu proses terbalik dengan berharap akibat dahulu dari pada sebab. Karena kemampuan memproduksi bahasa hanya sebagai akibat atau hanya dikarenakan oleh satu-satunya penyebab, yaitu mempunyai banyak input yang dipahami.

Oleh karena itu, tidak ada seorang pun menurut Prof. Krashen yang menguasai suatu bahasa dengan tidak mengikuti proses yang alamiah, terkecuali yang bersifat anomali/kasuistik.

Misalnya, di dalam suatu kelas metode tradisional menganggap bahwa setelah siswa memahami penjelasan mengenai Simple Past Tense, lalu mereka menghafalnya disertai dengan latihan-latihan/drills maka siswa dianggap sudah menguasainya dalam arti fasih menggunakannya. Hasilnya tentu tidak demikian, sudah terbukti tolak ukur penguasaan bahasa bukanlah dari mengerjakan latihan-latihan materi kursus tersebut. Di samping itu, terbukti kalau mereka yang sudah menyelesaikan suatu jenjang/level kursus tertentu tetap saja tidak mampu menguasai bahasa yang dituju dengan baik.

Solusi Bahasa Anda

Sistem yang kami miliki mencoba sedekat mungkin mengikuti sistem alamiah bagaimana manusia menguasai bahasa. Oleh karena itu, kami menekankan input yang dapat dipahami kepada siswa untuk mendapatkannya dalam basis harian. Tanpa input yang terus menerus dan yang sesuai maka penguasaan suatu bahasa akan mustahil, kalau tidak sangat sulit sekali.

Kami tidak berfokus pada marketing atau lipstik terhadap apa yang coba kami tawarkan seperti banyak sekolah-sekolah bahasa lokal maupun internasional. Lipstik yang dimaksud adalah seperti tempat yang mewah, fasilitas lab canggih, hasil penelitian jutaan dollar, guru native speaker, dll yang sebenarnya tidak terlalu relevan dengan penguasaan suatu bahasa. Sedangkan kami di Persona Study lebih berfokus pada Metode Alamiah yang efektif dan peran tutor yang terlatih dalam menggunakan metode tersebut.

kursus-privat-inggris-suksesTutor kami terlatih untuk menjadi pembimbing atau trainer yang bertugas untuk memberikan konsultasi pembelajaran yang efektif, memonitor perkembangan, dan memotivasi di samping memberikan input pengetahuan bahasa. Seorang trainer bahasa mirip dengan seorang coach di dunia olah raga maupun musik yang tugas utamanya bukanlah mentransfer pengetahuan melainkan memberikan bimbingan yang intensif untuk mengantarkan siswa/trainee untuk mencapai target bahasa-nya. Fakta inilah yang mendorong kami memberikan alternatif bimbingan bahasa yang bersifat privat, dan tidak dalam format kelas dengan banyak siswa. Bukan berarti sistem kelas tidak bisa dilakukan, melainkan sistem kursus privat bahasa mempunyai kelebihan yang bersifat intensif dan personal.

Demikian uraian singkat mengenai metode pembelajaran bahasa untuk privat bahasa Inggris di Persona Study yang tersedia di daerah Bandung dan sekitarnya, untuk informasi lebih lengkap dan presentasi langsung di rumah atau perusahaan Anda dapat menghubungi kami di:

Hubungi kami segera untuk konsultasi dan presentasi gratis di tempat Anda!
Hubungi kami segera untuk konsultasi dan presentasi gratis di tempat Anda!

 Call Center: 085-101-900-121