Protokol Kesehatan Belajar di Rumah

STOP COVID-19!

Mari Kita Cegah Covid Dengan Kebiasaan Baru!

PASTIKAN POIN-POIN INI DIPERHATIKAN SELAMA SESI TUTORIAL TATAP MUKA:

1. Tutor & siswa memakai masker selama berinteraksi
2. Saling menjaga jarak tatap muka 1 - 1,5 meter
3. tidak melakukan pertemuan jika salah satunya sakit
4. baik siswa & tutor memiliki hand sanitizer & tissue
5. tidak bersalaman/bersentuhan langsung
6. Membersihkan barang-barang yang suda disentuh seperti laptop/dll menggunakan tissue basah/antiseptik
7. membersihkan tangan dengan hand sanitizer setelah sesi tutorial berakhir

WhatsApp chat/call: 085-101900-121

Protokol Kesehatan Aktivitas Tutorial di Rumah Siswa

Jika Anda memilih untuk mengambil program tutorial/les yang bertempat di rumah/kediaman Anda, maka Anda wajib mengadaptasi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI dan disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi (Menerima tutor sebagai tamu).

Berikut tips protokol kesehatan ketika menerima tamu di rumah Anda , dan ini bisa diadaptasikan ketika menerima tutor kami di rumah Anda. Sumber: https://www.suara.com/lifestyle/2020/06/26/192303/tips-aman-menerima-tamu-saat-pandemi-covid-19

Suara.com – Pandemi Covid-19 telah mengubah kehidupan sosial kita dalam banyak hal. Salah satu yang paling menonjol adalah keharusan menjaga jarak. Tak hanya di luar rumah, bahkan ketika kita menerima tamu di dalam rumah. Beberapa tamu mungkin datang dengan perjanjian terlebih dahulu, dan beberapa lainnya bisa datang kapan saja. Tapi apapun itu, penting untuk mengetahui langkah aman menerima tamu di tengah pandemi Covid-19 ini.

1. Pertimbangkan kondisi kesehatan Anda dan anggota keluarga

Apakah Anda memiliki kondisi medis tertentu yang dapat meningkatkan keparahan jika terpapar virus corona? Beberapa kondisi medis yang dapat meningkatkan risiko Covid-19 yang parah, menurut Centers for Disease Control and Preventions, di antaranya adalah penyakit ginjal kronis, penyakit paru obstruktif kronis, dan diabetes tipe 2.
Penting juga untuk memikirkan kesehatan orang lain di rumah Anda dan apa yang bisa terjadi jika mereka terpapar virus.

“Jika Anda hidup dengan orang-orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit, Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali membiarkan seseorang masuk ke rumah Anda. Ini untuk menghindari risiko kontak tidak disengaja untuk anggota keluargaAnda,” kata Brian Labus, seorang profesor di University of Nevada, School of Public Health Las Vegas, seperti dilansir dari Huffpost.

privat inggris bandung cegah covid19

2. Cari tahu kondisi kesehatan tamu

“Sebelum mengatur pertemuan di rumah Anda, penting untuk bertanya kepada tamu apakah mereka memiliki gejala Covid-19, seperti demam, batuk, sesak napas,” kata Tony Yuan, seorang dokter dan direktur medis di Doctor On Demand.

Dia juga merekomendasikan untuk bertanya kepada para tamu tentang kondisi kesehatan mendasar mereka, yang dapat menempatkan mereka pada risiko lebih tinggi untuk menjadi sakit parah jika mereka terkena virus corona.

Untuk tamu yang memiliki masalah dengan kondisi kesehatannya, minta mereka untuk menjaga jarak dan memakai masker meski di dalam rumah.

3. Jaga Jarak Pake Masker

Selain menjaga jarak di luar rumah, Anda juga harus menjaga jarak di dalam rumah ketika ada tamu yang datang. Selain itu, Anda juga harus membatasi jumlah tamu yang datang dan masuk ke dalam rumah.”Risiko terbesar adalah ketika Anda berada di sekitar orang lain,” kata Labus.

Yuan juga menyarankan Anda untuk mempertimbangkan ukuran rumah atau ruang tamu Anda untuk menentukan berapa banyak tamu yang dapat Anda izinkan untuk masuk, agar jarak sosial sejauh 1 meter bisa terpenuhi. Kemudian yang juga tak kalah penting, Anda dapat dengan sopan meminta tamu memakai masker untuk mengurangi peluang transmisi.

4. Jika memungkinkan, jangan izinkan tamu menggunakan kamar mandi Anda

Jika Anda terpaksa mengizinkan tamu menggunakan kamar mandi di rumah Anda, Labus menyarankan untuk menggunakan kamar mandi yang paling jarang Anda gunakan, untuk mengurangi risiko kontak dengan virus yang mungkin mereka tinggalkan di permukaan.
Singkirkan juga barang-barang pribadi di kamar mandi, seperti handuk, sikat gigi, dan kosmetik, yang tidak ingin disentuh atau berpotensi terkena paparan virus.

Setelah tamu pulang, segera menyemprotkan disinfektan dan lap permukaan yang tersentuh tamu di kamar mandi.

5. Bersihkan rumah secara menyeluruh

Selama tamu berada di rumah Anda, catat dalam hati area mana saja yang disentuh atau terpapar olehnya. Itulah area yang harus mendapat perhatian untuk Anda bersihkan setelah tamu pulang.

Bahkan, meski tamu Anda mungkin tidak menyentuh tempat-tempat tertentu, yang terbaik adalah membersihkan semua permukaan yang paling sering disentuh, seperti gagang pintu, pegangan kursi, kran air, pagar, dan permukaan meja.

Infografis Pencegahan Corona

"Dengan kita menjaga kesehatan dan keamanan selama beraktivitas di mana pun kita berada, kita telah berpartisipasi mencegah penyebaran virus Covid-19"
STOP CORONA!
#CORONAPASTIBERLALU

INFORMASI COVID-19

Kembali ke Atas